Beranda | Index Al-Quran
Sifat hari penghitungan
 QS. An-Nisa 4:41 
فَكَيْفَ إِذَا جِئْنَا مِن كُلِّ أُمَّةٍۭ بِشَهِيدٍ وَجِئْنَا بِكَ عَلَىٰ هَٰٓؤُلَآءِ شَهِيدًا   ﴿٤١﴾  
Maka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti), apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu).


 QS. Hud 11:103 
إِنَّ فِى ذَٰلِكَ لَءَايَةً لِّمَنْ خَافَ عَذَابَ ٱلْءَاخِرَةِ ذَٰلِكَ يَوْمٌ مَّجْمُوعٌ لَّهُ ٱلنَّاسُ وَذَٰلِكَ يَوْمٌ مَّشْهُودٌ   ﴿١٠٣﴾  
Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat pelajaran bagi orang-orang yang takut kepada azab akhirat. Hari kiamat itu adalah suatu hari yang semua manusia dikumpulkan untuk (menghadapi)nya, dan hari itu adalah suatu hari yang disaksikan (oleh segala makhluk).


 QS. Hud 11:105 
يَوْمَ يَأْتِ لَا تَكَلَّمُ نَفْسٌ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ فَمِنْهُمْ شَقِىٌّ وَسَعِيدٌ   ﴿١٠٥﴾  
Di kala datang hari itu, tidak ada seorangun yang berbicara, melainkan dengan izin-Nya; maka di antara mereka ada yang celaka dan ada yang berbahagia.


 QS. Ar-Ra’d 13:18 
لِلَّذِينَ ٱسْتَجَابُوا۟ لِرَبِّهِمُ ٱلْحُسْنَىٰ وَٱلَّذِينَ لَمْ يَسْتَجِيبُوا۟ لَهُۥ لَوْ أَنَّ لَهُم مَّا فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُۥ مَعَهُۥ لَٱفْتَدَوْا۟ بِهِۦٓ أُو۟لَٰٓئِكَ لَهُمْ سُوٓءُ ٱلْحِسَابِ وَمَأْوَىٰهُمْ جَهَنَّمُ وَبِئْسَ ٱلْمِهَادُ   ﴿١٨﴾  
Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhannya, (disediakan) pembalasan yang baik. Dan orang-orang yang tidak memenuhi seruan Tuhan, sekiranya mereka mempunyai semua (kekayaan) yang ada di bumi dan (ditambah) sebanyak isi bumi itu lagi besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan kekayaan itu. Orang-orang itu disediakan baginya hisab yang buruk dan tempat kediaman mereka ialah Jahanam dan itulah seburuk-buruk tempat kediaman.


 QS. Ar-Ra’d 13:41 
أَوَلَمْ يَرَوْا۟ أَنَّا نَأْتِى ٱلْأَرْضَ نَنقُصُهَا مِنْ أَطْرَافِهَا وَٱللَّهُ يَحْكُمُ لَا مُعَقِّبَ لِحُكْمِهِۦ وَهُوَ سَرِيعُ ٱلْحِسَابِ   ﴿٤١﴾  
Dan apakah mereka tidak melihat bahwa sesungguhnya Kami mendatangi daerah-daerah (orang-orang kafir), lalu Kami kurangi daerah-daerah itu (sedikit demi sedikit) dari tepi-tepinya? Dan Allah menetapkan hukum (menurut kehendak-Nya), tidak ada yang dapat menolak ketetapan-Nya; dan Dialah Yang Maha cepat hisab-Nya.


 QS. Ibrahim 14:48 
يَوْمَ تُبَدَّلُ ٱلْأَرْضُ غَيْرَ ٱلْأَرْضِ وَٱلسَّمَٰوَٰتُ وَبَرَزُوا۟ لِلَّهِ ٱلْوَٰحِدِ ٱلْقَهَّارِ   ﴿٤٨﴾  
(Yaitu) pada hari (ketika) bumi diganti dengan bumi yang lain dan (demikian pula) langit, dan meraka semuanya (di padang Mahsyar) berkumpul menghadap ke hadirat Allah yang Maha Esa lagi Maha Perkasa.


 QS. Ibrahim 14:51 
لِيَجْزِىَ ٱللَّهُ كُلَّ نَفْسٍ مَّا كَسَبَتْ إِنَّ ٱللَّهَ سَرِيعُ ٱلْحِسَابِ   ﴿٥١﴾  
Agar Allah memberi pembalasan kepada tiap-tiap orang terhadap apa yang ia usahakan. Sesungguhnya Allah Maha cepat hisab-Nya.


 QS. An-Nahl 16:84 
وَيَوْمَ نَبْعَثُ مِن كُلِّ أُمَّةٍ شَهِيدًا ثُمَّ لَا يُؤْذَنُ لِلَّذِينَ كَفَرُوا۟ وَلَا هُمْ يُسْتَعْتَبُونَ   ﴿٨٤﴾  
Dan (ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan dari tiap-tiap umat seorang saksi (rasul), kemudian tidak diizinkan kepada orang-orang yang kafir (untuk membela diri) dan tidak (pula) mereka dibolehkan meminta maaf.


 QS. An-Nahl 16:85 
وَإِذَا رَءَا ٱلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ ٱلْعَذَابَ فَلَا يُخَفَّفُ عَنْهُمْ وَلَا هُمْ يُنظَرُونَ   ﴿٨٥﴾  
Dan apabila orang-orang zalim telah menyaksikan azab, maka tidaklah diringankan azab bagi mereka dan tidak puIa mereka diberi tangguh.


 QS. An-Nahl 16:124 
إِنَّمَا جُعِلَ ٱلسَّبْتُ عَلَى ٱلَّذِينَ ٱخْتَلَفُوا۟ فِيهِ وَإِنَّ رَبَّكَ لَيَحْكُمُ بَيْنَهُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ فِيمَا كَانُوا۟ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ   ﴿١٢٤﴾  
Sesungguhnya diwajibkan (menghormati) hari Sabtu atas orang-orang (Yahudi) yang berselisih padanya. Dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar akan memberi putusan di antara mereka di hari kiamat terhadap apa yang telah mereka perselisihkan itu.


 QS. Al-Kahfi 18:48 
وَعُرِضُوا۟ عَلَىٰ رَبِّكَ صَفًّا لَّقَدْ جِئْتُمُونَا كَمَا خَلَقْنَٰكُمْ أَوَّلَ مَرَّةٍۭ بَلْ زَعَمْتُمْ أَلَّن نَّجْعَلَ لَكُم مَّوْعِدًا   ﴿٤٨﴾  
Dan mereka akan dibawa ke hadapan Tuhanmu dengan berbaris. Sesungguhnya kamu datang kepada Kami, sebagaimana Kami menciptakan kamu pada kali yang pertama; bahkan kamu mengatakan bahwa Kami sekali-kali tidak akan menetapkan bagi kamu waktu (memenuhi) perjanjian.


 QS. Al-Kahfi 18:49 
وَوُضِعَ ٱلْكِتَٰبُ فَتَرَى ٱلْمُجْرِمِينَ مُشْفِقِينَ مِمَّا فِيهِ وَيَقُولُونَ يَٰوَيْلَتَنَا مَالِ هَٰذَا ٱلْكِتَٰبِ لَا يُغَادِرُ صَغِيرَةً وَلَا كَبِيرَةً إِلَّآ أَحْصَىٰهَا وَوَجَدُوا۟ مَا عَمِلُوا۟ حَاضِرًا وَلَا يَظْلِمُ رَبُّكَ أَحَدًا   ﴿٤٩﴾  
Dan diletakkanlah kitab, lalu kamu akan melihat orang-orang bersalah ketakutan terhadap apa yang (tertulis) di dalamnya, dan mereka berkata: "Aduhai celaka kami, kitab apakah ini yang tidak meninggalkan yang kecil dan tidak (pula) yang besar, melainkan ia mencatat semuanya; dan mereka dapati apa yang telah mereka kerjakan ada (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menganiaya seorang juapun".


 QS. Al-Kahfi 18:99 
وَتَرَكْنَا بَعْضَهُمْ يَوْمَئِذٍ يَمُوجُ فِى بَعْضٍ وَنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ فَجَمَعْنَٰهُمْ جَمْعًا   ﴿٩٩﴾  
Kami biarkan mereka di hari itu bercampur aduk antara satu dengan yang lain, kemudian ditiup lagi sangkakala, lalu Kami kumpulkan mereka itu semuanya,


 QS. Al-Kahfi 18:100 
وَعَرَضْنَا جَهَنَّمَ يَوْمَئِذٍ لِّلْكَٰفِرِينَ عَرْضًا   ﴿١٠٠﴾  
Dan Kami nampakkan Jahannam pada hari itu kepada orang-orang kafir dengan jelas,


 QS. Maryam 19:75 
قُلْ مَن كَانَ فِى ٱلضَّلَٰلَةِ فَلْيَمْدُدْ لَهُ ٱلرَّحْمَٰنُ مَدًّا حَتَّىٰٓ إِذَا رَأَوْا۟ مَا يُوعَدُونَ إِمَّا ٱلْعَذَابَ وَإِمَّا ٱلسَّاعَةَ فَسَيَعْلَمُونَ مَنْ هُوَ شَرٌّ مَّكَانًا وَأَضْعَفُ جُندًا   ﴿٧٥﴾  
Katakanlah: "Barang siapa yang berada di dalam kesesatan, maka biarlah Tuhan yang Maha Pemurah memperpanjang tempo baginya; sehingga apabila mereka telah melihat apa yang diancamkan kepadanya, baik siksa maupun kiamat, maka mereka akan mengetahui siapa yang lebih jelek kedudukannya dan lebih lemah penolong-penolongnya".


 QS. Al-Hajj 22:69 
ٱللَّهُ يَحْكُمُ بَيْنَكُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ فِيمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ   ﴿٦٩﴾  
Allah akan mengadili di antara kamu pada hari kiamat tentang apa yang kamu dahulu selalu berselisih padanya.


 QS. Asy-Syu’ara 26:90 
وَأُزْلِفَتِ ٱلْجَنَّةُ لِلْمُتَّقِينَ   ﴿٩٠﴾  
Dan (di hari itu) didekatkanlah surga kepada orang-orang yang bertakwa,


 QS. Asy-Syu’ara 26:91 
وَبُرِّزَتِ ٱلْجَحِيمُ لِلْغَاوِينَ   ﴿٩١﴾  
Dan diperlihatkan dengan jelas neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat",


 QS. An-Naml 27:84 
حَتَّىٰٓ إِذَا جَآءُو قَالَ أَكَذَّبْتُم بِـَٔايَٰتِى وَلَمْ تُحِيطُوا۟ بِهَا عِلْمًا أَمَّاذَا كُنتُمْ تَعْمَلُونَ   ﴿٨٤﴾  
Hingga apabila mereka datang, Allah berfirman: "Apakah kamu telah mendustakan ayat-ayat-Ku, padahal ilmu kamu tidak meliputinya, atau apakah yang telah kamu kerjakan?".


 QS. An-Naml 27:85 
وَوَقَعَ ٱلْقَوْلُ عَلَيْهِم بِمَا ظَلَمُوا۟ فَهُمْ لَا يَنطِقُونَ   ﴿٨٥﴾  
Dan jatuhlah perkataan (azab) atas mereka disebabkan kezaliman mereka, maka mereka tidak dapat berkata (apa-apa).


 QS. Al-Qashash 28:66 
فَعَمِيَتْ عَلَيْهِمُ ٱلْأَنۢبَآءُ يَوْمَئِذٍ فَهُمْ لَا يَتَسَآءَلُونَ   ﴿٦٦﴾  
Maka gelaplah bagi mereka segala macam alasan pada hari itu, karena itu mereka tidak saling tanya menanya.


 QS. Al-Qashash 28:75 
وَنَزَعْنَا مِن كُلِّ أُمَّةٍ شَهِيدًا فَقُلْنَا هَاتُوا۟ بُرْهَٰنَكُمْ فَعَلِمُوٓا۟ أَنَّ ٱلْحَقَّ لِلَّهِ وَضَلَّ عَنْهُم مَّا كَانُوا۟ يَفْتَرُونَ   ﴿٧٥﴾  
Dan Kami datangkan dari tiap-tiap umat seorang saksi, lalu Kami berkata "Tunjukkanlah bukti kebenaranmu", maka tahulah mereka bahwasanya yang hak itu kepunyaan Allah dan lenyaplah dari mereka apa yang dahulunya mereka ada-adakan.


 QS. Al-‘Ankabut 29:13 
وَلَيَحْمِلُنَّ أَثْقَالَهُمْ وَأَثْقَالًا مَّعَ أَثْقَالِهِمْ وَلَيُسْـَٔلُنَّ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ عَمَّا كَانُوا۟ يَفْتَرُونَ   ﴿١٣﴾  
Dan sesungguhnya mereka akan memikul beban (dosa) mereka, dan beban-beban (dosa yang lain) di samping beban-beban mereka sendiri, dan sesungguhnya mereka akan ditanya pada hari kiamat tentang apa yang selalu mereka ada-adakan.


 QS. Al-‘Ankabut 29:25 
وَقَالَ إِنَّمَا ٱتَّخَذْتُم مِّن دُونِ ٱللَّهِ أَوْثَٰنًا مَّوَدَّةَ بَيْنِكُمْ فِى ٱلْحَيَوٰةِ ٱلدُّنْيَا ثُمَّ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ يَكْفُرُ بَعْضُكُم بِبَعْضٍ وَيَلْعَنُ بَعْضُكُم بَعْضًا وَمَأْوَىٰكُمُ ٱلنَّارُ وَمَا لَكُم مِّن نَّٰصِرِينَ   ﴿٢٥﴾  
Dan berkata Ibrahim: "Sesungguhnya berhala-berhala yang kamu sembah selain Allah adalah untuk menciptakan perasaan kasih sayang di antara kamu dalam kehidupan dunia ini kemudian di hari kiamat sebahagian kamu mengingkari sebahagian (yang lain) dan sebahagian kamu melaknati sebahagian (yang lain); dan tempat kembalimu ialah neraka, dan sekali-kali tak ada bagimu para penolongpun.


 QS. Ar-Rum 30:57 
فَيَوْمَئِذٍ لَّا يَنفَعُ ٱلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ مَعْذِرَتُهُمْ وَلَا هُمْ يُسْتَعْتَبُونَ   ﴿٥٧﴾  
Maka pada hari itu tidak bermanfaat (lagi) bagi orang-orang yang zalim permintaan uzur mereka, dan tidak pula mereka diberi kesempatan bertaubat lagi.


 QS. As-Sajdah 32:12 
وَلَوْ تَرَىٰٓ إِذِ ٱلْمُجْرِمُونَ نَاكِسُوا۟ رُءُوسِهِمْ عِندَ رَبِّهِمْ رَبَّنَآ أَبْصَرْنَا وَسَمِعْنَا فَٱرْجِعْنَا نَعْمَلْ صَٰلِحًا إِنَّا مُوقِنُونَ   ﴿١٢﴾  
Dan, jika sekiranya kamu melihat mereka ketika orang-orang yang berdosa itu menundukkan kepalanya di hadapan Tuhannya, (mereka berkata): "Ya Tuhan kami, kami telah melihat dan mendengar, maka kembalikanlah kami (ke dunia), kami akan mengerjakan amal saleh, sesungguhnya kami adalah orang-orang yang yakin".


 QS. As-Sajdah 32:25 
إِنَّ رَبَّكَ هُوَ يَفْصِلُ بَيْنَهُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ فِيمَا كَانُوا۟ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ   ﴿٢٥﴾  
Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang memberikan keputusan di antara mereka pada hari kiamat tentang apa yang selalu mereka perselisihkan padanya.


 QS. Yasin 36:59 
وَٱمْتَٰزُوا۟ ٱلْيَوْمَ أَيُّهَا ٱلْمُجْرِمُونَ   ﴿٥٩﴾  
Dan (dikatakan kepada orang-orang kafir): "Berpisahlah kamu (dari orang-orang mukmin) pada hari ini, hai orang-orang yang berbuat jahat.


 QS. Yasin 36:65 
ٱلْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَىٰٓ أَفْوَٰهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَآ أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُم بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ   ﴿٦٥﴾  
Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.


 QS. As-Saffat 37:25 
مَا لَكُمْ لَا تَنَاصَرُونَ   ﴿٢٥﴾  
"Kenapa kamu tidak tolong menolong?"


 QS. As-Saffat 37:27 
وَأَقْبَلَ بَعْضُهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ يَتَسَآءَلُونَ   ﴿٢٧﴾  
Sebahagian dan mereka menghadap kepada sebahagian yang lain berbantah-bantahan.


 QS. As-Saffat 37:28 
قَالُوٓا۟ إِنَّكُمْ كُنتُمْ تَأْتُونَنَا عَنِ ٱلْيَمِينِ   ﴿٢٨﴾  
Pengikut-pengikut mereka berkata (kepada pemimpin-pemimpin mereka): "Sesungguhnya kamulah yang datang kepada kami dan kanan.


 QS. As-Saffat 37:29 
قَالُوا۟ بَل لَّمْ تَكُونُوا۟ مُؤْمِنِينَ   ﴿٢٩﴾  
Pemimpin-pemimpin mereka menjawab: "Sebenarnya kamulah yang tidak beriman".


 QS. As-Saffat 37:30 
وَمَا كَانَ لَنَا عَلَيْكُم مِّن سُلْطَٰنٍۭ بَلْ كُنتُمْ قَوْمًا طَٰغِينَ   ﴿٣٠﴾  
Dan sekali-kali kami tidak berkuasa terhadapmu, bahkan kamulah kaum yang melampaui batas.


 QS. As-Saffat 37:31 
فَحَقَّ عَلَيْنَا قَوْلُ رَبِّنَآ إِنَّا لَذَآئِقُونَ   ﴿٣١﴾  
Maka pastilah putusan (azab) Tuhan kita menimpa atas kita; sesungguhnya kita akan merasakan (azab itu).


 QS. Az-Zumar 39:31 
ثُمَّ إِنَّكُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ عِندَ رَبِّكُمْ تَخْتَصِمُونَ   ﴿٣١﴾  
Kemudian sesungguhnya kamu pada hari kiamat akan berbantah-bantah di hadapan Tuhanmu.


 QS. Az-Zumar 39:47 
وَلَوْ أَنَّ لِلَّذِينَ ظَلَمُوا۟ مَا فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُۥ مَعَهُۥ لَٱفْتَدَوْا۟ بِهِۦ مِن سُوٓءِ ٱلْعَذَابِ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ وَبَدَا لَهُم مِّنَ ٱللَّهِ مَا لَمْ يَكُونُوا۟ يَحْتَسِبُونَ   ﴿٤٧﴾  
Dan sekiranya orang-orang yang zalim mempunyai apa yang ada di bumi semuanya dan (ada pula) sebanyak itu besertanya, niscaya mereka akan menebus dirinya dengan itu dari siksa yang buruk pada hari kiamat. Dan jelaslah bagi mereka azab dari Allah yang belum pernah mereka perkirakan.


 QS. Az-Zumar 39:48 
وَبَدَا لَهُمْ سَيِّـَٔاتُ مَا كَسَبُوا۟ وَحَاقَ بِهِم مَّا كَانُوا۟ بِهِۦ يَسْتَهْزِءُونَ   ﴿٤٨﴾  
Dan (jelaslah) bagi mereka akibat buruk dari apa yang telah mereka perbuat dan mereka diliputi oleh pembalasan yang mereka dahulu selalu memperolok-olokkannya.


 QS. Az-Zumar 39:69 
وَأَشْرَقَتِ ٱلْأَرْضُ بِنُورِ رَبِّهَا وَوُضِعَ ٱلْكِتَٰبُ وَجِا۟ىٓءَ بِٱلنَّبِيِّۦنَ وَٱلشُّهَدَآءِ وَقُضِىَ بَيْنَهُم بِٱلْحَقِّ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ   ﴿٦٩﴾  
Dan terang benderanglah bumi (padang mahsyar) dengan cahaya (keadilan) Tuhannya; dan diberikanlah buku (perhitungan perbuatan masing-masing) dan didatangkanlah para nabi dan saksi-saksi dan diberi keputusan di antara mereka dengan adil, sedang mereka tidak dirugikan.


 QS. Az-Zumar 39:70 
وَوُفِّيَتْ كُلُّ نَفْسٍ مَّا عَمِلَتْ وَهُوَ أَعْلَمُ بِمَا يَفْعَلُونَ   ﴿٧٠﴾  
Dan disempurnakan bagi tiap-tiap jiwa (balasan) apa yang telah dikerjakannya dan Dia lebih mengetahui apa yang mereka kerjakan.


 QS. Al-Mu’min 40:17 
ٱلْيَوْمَ تُجْزَىٰ كُلُّ نَفْسٍۭ بِمَا كَسَبَتْ لَا ظُلْمَ ٱلْيَوْمَ إِنَّ ٱللَّهَ سَرِيعُ ٱلْحِسَابِ   ﴿١٧﴾  
Pada hari ini tiap-tiap jiwa diberi balasan dengan apa yang diusahakannya. Tidak ada yang dirugikan pada hari ini. Sesungguhnya Allah amat cepat hisabnya.


 QS. Fussilat 41:20 
حَتَّىٰٓ إِذَا مَا جَآءُوهَا شَهِدَ عَلَيْهِمْ سَمْعُهُمْ وَأَبْصَٰرُهُمْ وَجُلُودُهُم بِمَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ   ﴿٢٠﴾  
Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan.


 QS. Fussilat 41:47 
إِلَيْهِ يُرَدُّ عِلْمُ ٱلسَّاعَةِ وَمَا تَخْرُجُ مِن ثَمَرَٰتٍ مِّنْ أَكْمَامِهَا وَمَا تَحْمِلُ مِنْ أُنثَىٰ وَلَا تَضَعُ إِلَّا بِعِلْمِهِۦ وَيَوْمَ يُنَادِيهِمْ أَيْنَ شُرَكَآءِى قَالُوٓا۟ ءَاذَنَّٰكَ مَا مِنَّا مِن شَهِيدٍ   ﴿٤٧﴾  
Kepada-Nya-lah dikembalikan pengetahuan tentang hari Kiamat. Dan tidak ada buah-buahan keluar dari kelopaknya dan tidak seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan, melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Pada hari Tuhan memanggil mereka: "Dimanakah sekutu-sekutu-Ku itu?", mereka menjawab: "Kami nyatakan kepada Engkau bahwa tidak ada seorangpun di antara kami yang memberi kesaksian (bahwa Engkau punya sekutu)".


 QS. Asy-Syura 42:7 
وَكَذَٰلِكَ أَوْحَيْنَآ إِلَيْكَ قُرْءَانًا عَرَبِيًّا لِّتُنذِرَ أُمَّ ٱلْقُرَىٰ وَمَنْ حَوْلَهَا وَتُنذِرَ يَوْمَ ٱلْجَمْعِ لَا رَيْبَ فِيهِ فَرِيقٌ فِى ٱلْجَنَّةِ وَفَرِيقٌ فِى ٱلسَّعِيرِ   ﴿٧﴾  
Demikianlah Kami wahyukan kepadamu Al Quran dalam bahasa Arab, supaya kamu memberi peringatan kepada ummul Qura (penduduk Mekah) dan penduduk (negeri-negeri) sekelilingnya serta memberi peringatan (pula) tentang hari berkumpul (kiamat) yang tidak ada keraguan padanya. Segolongan masuk surga, dan segolongan masuk Jahannam.


 QS. Az-Zukhruf 43:67 
ٱلْأَخِلَّآءُ يَوْمَئِذٍۭ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ عَدُوٌّ إِلَّا ٱلْمُتَّقِينَ   ﴿٦٧﴾  
Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.


 QS. Ad-Dukhan 44:41 
يَوْمَ لَا يُغْنِى مَوْلًى عَن مَّوْلًى شَيْـًٔا وَلَا هُمْ يُنصَرُونَ   ﴿٤١﴾  
Yaitu hari yang seorang karib tidak dapat memberi manfaat kepada karibnya sedikitpun, dan mereka tidak akan mendapat pertolongan,


 QS. Ad-Dukhan 44:42 
إِلَّا مَن رَّحِمَ ٱللَّهُ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلرَّحِيمُ   ﴿٤٢﴾  
Kecuali orang yang diberi rahmat oleh Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyayang.


 QS. Al-Jatsiyah 45:17 
وَءَاتَيْنَٰهُم بَيِّنَٰتٍ مِّنَ ٱلْأَمْرِ فَمَا ٱخْتَلَفُوٓا۟ إِلَّا مِنۢ بَعْدِ مَا جَآءَهُمُ ٱلْعِلْمُ بَغْيًۢا بَيْنَهُمْ إِنَّ رَبَّكَ يَقْضِى بَيْنَهُمْ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ فِيمَا كَانُوا۟ فِيهِ يَخْتَلِفُونَ   ﴿١٧﴾  
Dan Kami berikan kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata tentang urusan (agama); maka mereka tidak berselisih melainkan sesudah datang kepada mereka pengetahuan karena kedengkian yang ada di antara mereka. Sesungguhnya Tuhanmu akan memutuskan antara mereka pada hari kiamat terhadap apa yang mereka selalu berselisih padanya.


 QS. Al-Jatsiyah 45:34 
وَقِيلَ ٱلْيَوْمَ نَنسَىٰكُمْ كَمَا نَسِيتُمْ لِقَآءَ يَوْمِكُمْ هَٰذَا وَمَأْوَىٰكُمُ ٱلنَّارُ وَمَا لَكُم مِّن نَّٰصِرِينَ   ﴿٣٤﴾  
Dan dikatakan (kepada mereka): "Pada hari ini Kami melupakan kamu sebagaimana kamu telah melupakan pertemuan (dengan) harimu ini dan tempat kembalimu ialah neraka dan kamu sekali-kali tidak memperoleh penolong".


 QS. Qaf 50:21 
وَجَآءَتْ كُلُّ نَفْسٍ مَّعَهَا سَآئِقٌ وَشَهِيدٌ   ﴿٢١﴾  
Dan datanglah tiap-tiap diri, bersama dengan dia seorang malaikat penggiring dan seorang malaikat penyaksi.


 QS. Qaf 50:22 
لَّقَدْ كُنتَ فِى غَفْلَةٍ مِّنْ هَٰذَا فَكَشَفْنَا عَنكَ غِطَآءَكَ فَبَصَرُكَ ٱلْيَوْمَ حَدِيدٌ   ﴿٢٢﴾  
Sesungguhnya kamu berada dalam keadaan lalai dari (hal) ini, maka Kami singkapkan daripadamu tutup (yang menutupi) matamu, maka penglihatanmu pada hari itu amat tajam.


 QS. Qaf 50:23 
وَقَالَ قَرِينُهُۥ هَٰذَا مَا لَدَىَّ عَتِيدٌ   ﴿٢٣﴾  
Dan yang menyertai dia berkata: "Inilah (catatan amalnya) yang tersedia pada sisiku".


 QS. Qaf 50:24 
أَلْقِيَا فِى جَهَنَّمَ كُلَّ كَفَّارٍ عَنِيدٍ   ﴿٢٤﴾  
Allah berfirman: "Lemparkanlah olehmu berdua ke dalam neraka semua orang yang sangat ingkar dan keras kepala,


 QS. Qaf 50:26 
ٱلَّذِى جَعَلَ مَعَ ٱللَّهِ إِلَٰهًا ءَاخَرَ فَأَلْقِيَاهُ فِى ٱلْعَذَابِ ٱلشَّدِيدِ   ﴿٢٦﴾  
Yang menyembah sembahan yang lain beserta Allah maka lemparkanlah dia ke dalam siksaan yang sangat".


 QS. Qaf 50:29 
مَا يُبَدَّلُ ٱلْقَوْلُ لَدَىَّ وَمَآ أَنَا۠ بِظَلَّٰمٍ لِّلْعَبِيدِ   ﴿٢٩﴾  
Keputusan di sisi-Ku tidak dapat diubah dan Aku sekali-kali tidak menganiaya hamba-hamba-Ku


 QS. Qaf 50:30 
يَوْمَ نَقُولُ لِجَهَنَّمَ هَلِ ٱمْتَلَأْتِ وَتَقُولُ هَلْ مِن مَّزِيدٍ   ﴿٣٠﴾  
(Dan ingatlah akan) hari (yang pada hari itu) Kami bertanya kepada jahannam: "Apakah kamu sudah penuh?" Dia menjawab: "Masih ada tambahan?"


 QS. Qaf 50:31 
وَأُزْلِفَتِ ٱلْجَنَّةُ لِلْمُتَّقِينَ غَيْرَ بَعِيدٍ   ﴿٣١﴾  
Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tiada jauh (dari mereka).


 QS. Qaf 50:41 
وَٱسْتَمِعْ يَوْمَ يُنَادِ ٱلْمُنَادِ مِن مَّكَانٍ قَرِيبٍ   ﴿٤١﴾  
Dan dengarkanlah (seruan) pada hari penyeru (malaikat) menyeru dari tempat yang dekat.


 QS. Qaf 50:42 
يَوْمَ يَسْمَعُونَ ٱلصَّيْحَةَ بِٱلْحَقِّ ذَٰلِكَ يَوْمُ ٱلْخُرُوجِ   ﴿٤٢﴾  
(Yaitu) pada hari mereka mendengar teriakan dengan sebenar-benarnya itulah hari ke luar (dari kubur).


 QS. Qaf 50:44 
يَوْمَ تَشَقَّقُ ٱلْأَرْضُ عَنْهُمْ سِرَاعًا ذَٰلِكَ حَشْرٌ عَلَيْنَا يَسِيرٌ   ﴿٤٤﴾  
(Yaitu) pada hari bumi terbelah-belah menampakkan mereka (lalu mereka ke luar) dengan cepat. Yang demikian itu adalah pengumpulan yang mudah bagi Kami.


 QS. Qaf 50:45 
نَّحْنُ أَعْلَمُ بِمَا يَقُولُونَ وَمَآ أَنتَ عَلَيْهِم بِجَبَّارٍ فَذَكِّرْ بِٱلْقُرْءَانِ مَن يَخَافُ وَعِيدِ   ﴿٤٥﴾  
Kami lebih mengetahui tentang apa yang mereka katakan, dan kamu sekali-kali bukanlah seorang pemaksa terhadap mereka. Maka beri peringatanlah dengan Al Quran orang yang takut dengan ancaman-Ku.


 QS. At-Tur 52:46 
يَوْمَ لَا يُغْنِى عَنْهُمْ كَيْدُهُمْ شَيْـًٔا وَلَا هُمْ يُنصَرُونَ   ﴿٤٦﴾  
(yaitu) hari ketika tidak berguna bagi mereka sedikitpun tipu daya mereka dan mereka tidak ditolong.


 QS. Al-Qamar 54:6 
فَتَوَلَّ عَنْهُمْ يَوْمَ يَدْعُ ٱلدَّاعِ إِلَىٰ شَىْءٍ نُّكُرٍ   ﴿٦﴾  
Maka berpalinglah kamu dari mereka. (Ingatlah) hari (ketika) seorang penyeru (malaikat) menyeru kepada sesuatu yang tidak menyenangkan (hari pembalasan),


 QS. Al-Haqqah 69:13 
فَإِذَا نُفِخَ فِى ٱلصُّورِ نَفْخَةٌ وَٰحِدَةٌ   ﴿١٣﴾  
Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup


 QS. Al-Haqqah 69:14 
وَحُمِلَتِ ٱلْأَرْضُ وَٱلْجِبَالُ فَدُكَّتَا دَكَّةً وَٰحِدَةً   ﴿١٤﴾  
Dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur.


 QS. Al-Haqqah 69:15 
فَيَوْمَئِذٍ وَقَعَتِ ٱلْوَاقِعَةُ   ﴿١٥﴾  
Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat,


 QS. Al-Haqqah 69:16 
وَٱنشَقَّتِ ٱلسَّمَآءُ فَهِىَ يَوْمَئِذٍ وَاهِيَةٌ   ﴿١٦﴾  
Dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi lemah.


 QS. Al-Haqqah 69:17 
وَٱلْمَلَكُ عَلَىٰٓ أَرْجَآئِهَا وَيَحْمِلُ عَرْشَ رَبِّكَ فَوْقَهُمْ يَوْمَئِذٍ ثَمَٰنِيَةٌ   ﴿١٧﴾  
Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung `Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka.


 QS. Al-Haqqah 69:18 
يَوْمَئِذٍ تُعْرَضُونَ لَا تَخْفَىٰ مِنكُمْ خَافِيَةٌ   ﴿١٨﴾  
Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhanmu), tiada sesuatupun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi Allah).


 QS. Al-Haqqah 69:19 
فَأَمَّا مَنْ أُوتِىَ كِتَٰبَهُۥ بِيَمِينِهِۦ فَيَقُولُ هَآؤُمُ ٱقْرَءُوا۟ كِتَٰبِيَهْ   ﴿١٩﴾  
Adapun orang-orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kanannya, maka dia berkata: "Ambillah, bacalah kitabku (ini)".


 QS. Al-Haqqah 69:20 
إِنِّى ظَنَنتُ أَنِّى مُلَٰقٍ حِسَابِيَهْ   ﴿٢٠﴾  
Sesungguhnya aku yakin, bahwa sesungguhnya aku akan menemui hisab terhadap diriku.


 QS. Al-Haqqah 69:25 
وَأَمَّا مَنْ أُوتِىَ كِتَٰبَهُۥ بِشِمَالِهِۦ فَيَقُولُ يَٰلَيْتَنِى لَمْ أُوتَ كِتَٰبِيَهْ   ﴿٢٥﴾  
Adapun orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kirinya, maka dia berkata: "Wahai alangkah baiknya kiranya tidak diberikan kepadaku kitabku (ini).


 QS. Al-Haqqah 69:26 
وَلَمْ أَدْرِ مَا حِسَابِيَهْ   ﴿٢٦﴾  
Dan aku tidak mengetahui apa hisab terhadap diriku.


 QS. Al-Haqqah 69:27 
يَٰلَيْتَهَا كَانَتِ ٱلْقَاضِيَةَ   ﴿٢٧﴾  
Wahai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu.


 QS. Al-Haqqah 69:28 
مَآ أَغْنَىٰ عَنِّى مَالِيَهْ   ﴿٢٨﴾  
Hartaku sekali-kali tidak memberi manfaat kepadaku.


 QS. Al-Haqqah 69:29 
هَلَكَ عَنِّى سُلْطَٰنِيَهْ   ﴿٢٩﴾  
Telah hilang kekuasaanku daripadaku".


 QS. Al-Ma’arij 70:8 
يَوْمَ تَكُونُ ٱلسَّمَآءُ كَٱلْمُهْلِ   ﴿٨﴾  
Pada hari ketika langit menjadi seperti luluhan perak,


 QS. Al-Ma’arij 70:9 
وَتَكُونُ ٱلْجِبَالُ كَٱلْعِهْنِ   ﴿٩﴾  
Dan gunung-gunung menjadi seperti bulu (yang berterbangan),


 QS. Al-Ma’arij 70:10 
وَلَا يَسْـَٔلُ حَمِيمٌ حَمِيمًا   ﴿١٠﴾  
Dan tidak ada seorang teman akrabpun menanyakan temannya,


 QS. Al-Ma’arij 70:11 
يُبَصَّرُونَهُمْ يَوَدُّ ٱلْمُجْرِمُ لَوْ يَفْتَدِى مِنْ عَذَابِ يَوْمِئِذٍۭ بِبَنِيهِ   ﴿١١﴾  
Sedang mereka saling memandang. Orang kafir ingin kalau sekiranya dia dapat menebus (dirinya) dari azab hari itu dengan anak-anaknya,


 QS. Al-Ma’arij 70:12 
وَصَٰحِبَتِهِۦ وَأَخِيهِ   ﴿١٢﴾  
Dan isterinya dan saudaranya,


 QS. Al-Ma’arij 70:13 
وَفَصِيلَتِهِ ٱلَّتِى تُـْٔوِيهِ   ﴿١٣﴾  
Dan kaum familinya yang melindunginya (di dunia).


 QS. Al-Ma’arij 70:14 
وَمَن فِى ٱلْأَرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ يُنجِيهِ   ﴿١٤﴾  
Dan orang-orang di atas bumi seluruhnya kemudian (mengharapkan) tebusan itu dapat menyelamatkannya.


 QS. Al-Qiyamah 75:13 
يُنَبَّؤُا۟ ٱلْإِنسَٰنُ يَوْمَئِذٍۭ بِمَا قَدَّمَ وَأَخَّرَ   ﴿١٣﴾  
Pada hari itu diberitakan kepada manusia apa yang telah dikerjakannya dan apa yang dilalaikannya.


 QS. Al-Qiyamah 75:14 
بَلِ ٱلْإِنسَٰنُ عَلَىٰ نَفْسِهِۦ بَصِيرَةٌ   ﴿١٤﴾  
Bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri,


 QS. Al-Qiyamah 75:15 
وَلَوْ أَلْقَىٰ مَعَاذِيرَهُۥ   ﴿١٥﴾  
Meskipun dia mengemukakan alasan-alasannya.


 QS. Al-Mursalat 77:11 
وَإِذَا ٱلرُّسُلُ أُقِّتَتْ   ﴿١١﴾  
Dan apabila rasul-rasul telah ditetapkan waktu (mereka).


 QS. Al-Mursalat 77:12 
لِأَىِّ يَوْمٍ أُجِّلَتْ   ﴿١٢﴾  
(Niscaya dikatakan kepada mereka:) "Sampai hari apakah ditangguhkan (mengazab orang-orang kafir itu)?"


 QS. Al-Mursalat 77:35 
هَٰذَا يَوْمُ لَا يَنطِقُونَ   ﴿٣٥﴾  
Ini adalah hari, yang mereka tidak dapat berbicara (pada hari itu),


 QS. Al-Mursalat 77:36 
وَلَا يُؤْذَنُ لَهُمْ فَيَعْتَذِرُونَ   ﴿٣٦﴾  
Dan tidak diizinkan kepada mereka minta uzur sehingga mereka (dapat) minta uzur.


 QS. An-Naba 78:37 
رَّبِّ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا ٱلرَّحْمَٰنِ لَا يَمْلِكُونَ مِنْهُ خِطَابًا   ﴿٣٧﴾  
Tuhan Yang memelihara langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya; Yang Maha Pemurah. Mereka tidak dapat berbicara dengan Dia.


 QS. An-Naba 78:38 
يَوْمَ يَقُومُ ٱلرُّوحُ وَٱلْمَلَٰٓئِكَةُ صَفًّا لَّا يَتَكَلَّمُونَ إِلَّا مَنْ أَذِنَ لَهُ ٱلرَّحْمَٰنُ وَقَالَ صَوَابًا   ﴿٣٨﴾  
Pada hari, ketika ruh dan para malaikat berdiri bershaf-shaf, mereka tidak berkata-kata, kecuali siapa yang telah diberi izin kepadanya oleh Tuhan Yang Maha Pemurah; dan ia mengucapkan kata yang benar.


 QS. An-Naba 78:40 
إِنَّآ أَنذَرْنَٰكُمْ عَذَابًا قَرِيبًا يَوْمَ يَنظُرُ ٱلْمَرْءُ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُ وَيَقُولُ ٱلْكَافِرُ يَٰلَيْتَنِى كُنتُ تُرَٰبًۢا   ﴿٤٠﴾  
Sesungguhnya Kami telah memperingatkan kepadamu (hai orang kafir) siksa yang dekat, pada hari manusia melihat apa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya; dan orang kafir berkata: "Alangkah baiknya sekiranya aku dahulu adalah tanah".


 QS. An-Nazi’at 79:4 
فَٱلسَّٰبِقَٰتِ سَبْقًا   ﴿٤﴾  
Dan (malaikat-malaikat) yang mendahului dengan kencang,


 QS. An-Nazi’at 79:6 
يَوْمَ تَرْجُفُ ٱلرَّاجِفَةُ   ﴿٦﴾  
(Sesungguhnya kamu akan dibangkitkan) pada hari ketika tiupan pertama menggoncang alam,


 QS. An-Nazi’at 79:7 
تَتْبَعُهَا ٱلرَّادِفَةُ   ﴿٧﴾  
Tiupan pertama itu diiringi oleh tiupan kedua.


 QS. An-Nazi’at 79:13 
فَإِنَّمَا هِىَ زَجْرَةٌ وَٰحِدَةٌ   ﴿١٣﴾  
Sesungguhnya pengembalian itu hanyalah satu kali tiupan saja,


 QS. An-Nazi’at 79:36 
وَبُرِّزَتِ ٱلْجَحِيمُ لِمَن يَرَىٰ   ﴿٣٦﴾  
Dan diperlihatkan neraka dengan jelas kepada setiap orang yang melihat.


 QS. At-Takwir 81:8 
وَإِذَا ٱلْمَوْءُۥدَةُ سُئِلَتْ   ﴿٨﴾  
Dan apabila bayi-bayi perempuan yang dikubur hidup-hidup ditanya,


 QS. At-Takwir 81:9 
بِأَىِّ ذَنۢبٍ قُتِلَتْ   ﴿٩﴾  
Karena dosa apakah dia dibunuh,


 QS. At-Takwir 81:10 
وَإِذَا ٱلصُّحُفُ نُشِرَتْ   ﴿١٠﴾  
Dan apabila catatan-catatan (amal perbuatan manusia) dibuka,


 QS. At-Takwir 81:11 
وَإِذَا ٱلسَّمَآءُ كُشِطَتْ   ﴿١١﴾  
Dan apabila langit dilenyapkan,


 QS. At-Takwir 81:13 
وَإِذَا ٱلْجَنَّةُ أُزْلِفَتْ   ﴿١٣﴾  
Dan apabila surga didekatkan,


 QS. At-Takwir 81:14 
عَلِمَتْ نَفْسٌ مَّآ أَحْضَرَتْ   ﴿١٤﴾  
Maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakannya.


 QS. Al-Infitar 82:4 
وَإِذَا ٱلْقُبُورُ بُعْثِرَتْ   ﴿٤﴾  
Dan apabila kuburan-kuburan dibongkar,


 QS. Al-Infitar 82:5 
عَلِمَتْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ وَأَخَّرَتْ   ﴿٥﴾  
Maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakan dan yang dilalaikannya.


 QS. Al-Infitar 82:19 
يَوْمَ لَا تَمْلِكُ نَفْسٌ لِّنَفْسٍ شَيْـًٔا وَٱلْأَمْرُ يَوْمَئِذٍ لِّلَّهِ   ﴿١٩﴾  
(Yaitu) hari (ketika) seseorang tidak berdaya sedikitpun untuk menolong orang lain. Dan segala urusan pada hari itu dalam kekuasaan Allah.


 QS. Al-Muthaffifin 83:5 
لِيَوْمٍ عَظِيمٍ   ﴿٥﴾  
Pada suatu hari yang besar,


 QS. Al-Muthaffifin 83:6 
يَوْمَ يَقُومُ ٱلنَّاسُ لِرَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ   ﴿٦﴾  
(yaitu) hari (ketika) manusia berdiri menghadap Tuhan semesta alam?


 QS. Al-Insyiqaq 84:1 
إِذَا ٱلسَّمَآءُ ٱنشَقَّتْ   ﴿١﴾  
Apabila langit terbelah,


 QS. Al-Insyiqaq 84:2 
وَأَذِنَتْ لِرَبِّهَا وَحُقَّتْ   ﴿٢﴾  
Dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya langit itu patuh,


 QS. Al-Insyiqaq 84:3 
وَإِذَا ٱلْأَرْضُ مُدَّتْ   ﴿٣﴾  
Dan apabila bumi diratakan,


 QS. Al-Insyiqaq 84:4 
وَأَلْقَتْ مَا فِيهَا وَتَخَلَّتْ   ﴿٤﴾  
Dan dilemparkan apa yang ada di dalamnya dan menjadi kosong,


 QS. Al-Insyiqaq 84:5 
وَأَذِنَتْ لِرَبِّهَا وَحُقَّتْ   ﴿٥﴾  
Dan patuh kepada Tuhannya, dan sudah semestinya bumi itu patuh, (pada waktu itu manusia akan mengetahui akibat perbuatannya).


 QS. At-Tariq 86:9 
يَوْمَ تُبْلَى ٱلسَّرَآئِرُ   ﴿٩﴾  
Pada hari dinampakkan segala rahasia,


 QS. At-Tariq 86:10 
فَمَا لَهُۥ مِن قُوَّةٍ وَلَا نَاصِرٍ   ﴿١٠﴾  
Maka sekali-kali tidak ada bagi manusia itu suatu kekuatanpun dan tidak (pula) seorang penolong.


 QS. Al-Fajr 89:21 
كَلَّآ إِذَا دُكَّتِ ٱلْأَرْضُ دَكًّا دَكًّا   ﴿٢١﴾  
Jangan (berbuat demikian). Apabila bumi digoncangkan berturut-turut,


 QS. Al-Fajr 89:22 
وَجَآءَ رَبُّكَ وَٱلْمَلَكُ صَفًّا صَفًّا   ﴿٢٢﴾  
Dan datanglah Tuhanmu; sedang malaikat berbaris-baris.


 QS. Al-Fajr 89:23 
وَجِا۟ىٓءَ يَوْمَئِذٍۭ بِجَهَنَّمَ يَوْمَئِذٍ يَتَذَكَّرُ ٱلْإِنسَٰنُ وَأَنَّىٰ لَهُ ٱلذِّكْرَىٰ   ﴿٢٣﴾  
Dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahannam; dan pada hari itu ingatlah manusia, akan tetapi tidak berguna lagi mengingat itu baginya.


 QS. Az-Zalzalah 99:1 
إِذَا زُلْزِلَتِ ٱلْأَرْضُ زِلْزَالَهَا   ﴿١﴾  
Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat),


 QS. Az-Zalzalah 99:2 
وَأَخْرَجَتِ ٱلْأَرْضُ أَثْقَالَهَا   ﴿٢﴾  
Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,


 QS. Az-Zalzalah 99:3 
وَقَالَ ٱلْإِنسَٰنُ مَا لَهَا   ﴿٣﴾  
Dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?",


 QS. Az-Zalzalah 99:4 
يَوْمَئِذٍ تُحَدِّثُ أَخْبَارَهَا   ﴿٤﴾  
Pada hari itu bumi menceritakan beritanya,


 QS. Az-Zalzalah 99:5 
بِأَنَّ رَبَّكَ أَوْحَىٰ لَهَا   ﴿٥﴾  
Karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya.


 QS. Az-Zalzalah 99:6 
يَوْمَئِذٍ يَصْدُرُ ٱلنَّاسُ أَشْتَاتًا لِّيُرَوْا۟ أَعْمَٰلَهُمْ   ﴿٦﴾  
Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka,


 QS. Al-Qari’ah 101:4 
يَوْمَ يَكُونُ ٱلنَّاسُ كَٱلْفَرَاشِ ٱلْمَبْثُوثِ   ﴿٤﴾  
Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran,


 QS. Al-Qari’ah 101:5 
وَتَكُونُ ٱلْجِبَالُ كَٱلْعِهْنِ ٱلْمَنفُوشِ   ﴿٥﴾  
Dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan.